CHRISTMAS GO ROUND
Makalah ini disusun untuk memenuhi
Ujian Praktik
mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia
dan Mulok PI
Anggota Kelompok :
1. Aloysius Reynaldo D.H. 12 BHS
1/01
2. Benedicta Puella 12
BHS 1/04
3. Bryan Jefferson 12
BHS 1/05
4.Florentina F.K. 12
BHS 1/10
SMA SANTA MARIA SURABAYA
JL. RAYA DARMO 49 SURABAYA
TAHUN 2017
JL. RAYA DARMO 49 SURABAYA
TAHUN 2017
---------------------------------------------------------------------------------
KATA PENGANTAR
Puji Tuhan kami
haturkan kehadapan Allah atas selesainya makalah Ujian Praktik gabungan tiga
mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok KWU. Makalah ini kami susun
kerja bersama anggota TIM dengan tugas yang berbeda-beda. Penyelesain makalah
memerlukan bimbingan dari berbagai pihak terutama kepada guru pembina. Karena
itu kami menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada:
1. Bapak Ruslan, M.Kom, sebagai guru TIK telah
membimbing penulisan program serta Flowcart
program yang dilampirakan.
program yang dilampirakan.
2. Bapak F.X. Rudy Prasetya,SS.,M.Med.Kom, selaku guru
Bahasa Indonesia telah membimbing
penulisan makalah Ujian Praktik ini
penulisan makalah Ujian Praktik ini
3. Bapak drs. I Ketut Samudra,ST.,M.Pd. selaku guru
Mulok KWU telah membimbing pembuatan
proyek maket Rumag Massa Depan Helipad.
proyek maket Rumag Massa Depan Helipad.
Makalah ini masih jauh dari sempurna sehingga perlu
masukan yang membangun dari pembaca dan pembina. Sehingga nanti menjadi makalah
yang berkualitas dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan.
DAFTAR ISI
Halaman Sampul
...................................................................................................................
i
Kata Pengantar
....................................................................................................................
ii
Daftar Isi
.....................................................................................................................
iii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
.................................................................................................................
1
B. Rumusan Masalah ..............................................................................................................
1
C. Tujuan Manfaat
D. Batasan istilah
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Christmas Go Round
B. Mikrokontroller
D. Bahasa Pemrograman
BAB III PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK
A. Christmas Go Round
B. Alat dan Bahan
C. Bod Diagram Pryoek
D. Cara Kerja Proyek Umum
BAB IV ANALISIS DATA PROYEK
A. Spesifikasi Maket
B. Kinerja Proyek
C. Flowcart Program
D. Lampiran Program TurboC++ Versi Arduino
BAB V KESIMPULAN
A. Kesimpulan
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pada saat liburan
datang, orang – orang akan menghabiskan waktunya untuk berpergian dan
bersenang-senang. Melepas kesibukan dak pekerjaannya. Pergi berlibur untuk
bersantai bersama teman maupun keluarga. Taman bermain menjadi salah satu
tujuan liburan. Menghabiskan waktu untuk menaiki setiap wahana yang ada. Komedi
putar menjadi wahana yang banyak digemari. Mulai dari anak kecil sampai orang
dewasa.
B. Rumusan Masalah
Rumusan masalah secara umum adalah:
"Bagaimana merancang Christmas Go Round, disamping sebagai permainan yang termasuk tua (klasik)?"
Rumusan umum di atas diuraikan menjadi beberapa masalah secara khusus:
1. Bagaimana bentuk komedi putar berupa maket?
2. Bagaimana merancang fondasi terutama kelistrikkanya?
3. Bagaimana sistem pengendalian komedi putar dengan sistem komputer?
C. Tujuan dan Manfaat
1. Tujuan: Membangun bentuk komedi putar yang menarik
2, Manfaat: Komedi putar berupa maket dapat dimanfaatkan sebagai contoh permainan saat hari natal
D. Batasan Istilah
Komedi putar artinya permainan yang terdapat tunggangan yang berputar searah jarum jam atau tidak searah jarum jam, yang biasa dimainkan atau dinaiki oleh anak-anak di taman bermain sebagai hiburan.
Rumusan masalah secara umum adalah:
"Bagaimana merancang Christmas Go Round, disamping sebagai permainan yang termasuk tua (klasik)?"
Rumusan umum di atas diuraikan menjadi beberapa masalah secara khusus:
1. Bagaimana bentuk komedi putar berupa maket?
2. Bagaimana merancang fondasi terutama kelistrikkanya?
3. Bagaimana sistem pengendalian komedi putar dengan sistem komputer?
C. Tujuan dan Manfaat
1. Tujuan: Membangun bentuk komedi putar yang menarik
2, Manfaat: Komedi putar berupa maket dapat dimanfaatkan sebagai contoh permainan saat hari natal
D. Batasan Istilah
Komedi putar artinya permainan yang terdapat tunggangan yang berputar searah jarum jam atau tidak searah jarum jam, yang biasa dimainkan atau dinaiki oleh anak-anak di taman bermain sebagai hiburan.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A. Christmas Go Round
Kata Christmas
mempunyai arti Mass of Christ yang kemudian disingkat menjadi Christ-Mass.
Versi yang lebih pendek lagi Xmas pertama kali dipakai di Eropa pada tahun
1500-an, berasal dari abjad Yunani, X adalah huruf pertama dari Xristos
(Kristus) juga X merepresentasikan salib, jadilah "X-Mass".Christmas
dirayakan orang-orang diberbagai belahan bumi pada tanggal 25 Desember, tetapi
sebenarnya Yesus tidaklah lahir pada 25 Desember. Kaisar Romawi pada
waktu itu, Aurelian, memproklamirkan tanggal itu sebagai "Natalis Solis
Invicti", perayaan kelahiran matahari yang perkasa. Pada tahun 320M Paus
Julius I menyatakan tanggal 25 Desember sebagai tanggal resmi kelahiran Yesus. (Jonathan
Goeij)
Go Round diambil dari nama wahana di taman bermain yaitu
Merry Go Round. Merry Go Round (komedi putar) adalah sejenis atraksi kuda –
kudaan yang bisa dinaiki dan berputar dalam sebuah platform besar. Biasanya
pada saat pemutaran diiringi dengan musik. (Wikipedia)
.
B. Mikrocontroller
C. Kerangka Konsep Berpikir
BAB III
PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK
A. Christmas Go Round
Christmas
Go Round merupakan maket berbentuk permainan komedi putar yang biasanya
terdapat di taman bermain. Komedi putar ini mengambil tema natal. Maket ini
terdiri dari fondasi dasar, mainan berbentuk rusa, dan atap kerucut, disertai
dengan lampu natal bernuansa merah dan hijau.
B. Alat dan Bahan
1. Mekanik Proyek
a.Triplek, Karton
b.Lem, cat,isolasi
c. Kain flanel
e. Akssesoris
2. Elektronika
a. Mikrokontroller Arduino
b. Led dan Resistor
c. Sensor dan Speaker
d. Kabel, timah solder, solder
a.Triplek, Karton
b.Lem, cat,isolasi
c. Kain flanel
e. Akssesoris
2. Elektronika
a. Mikrokontroller Arduino
b. Led dan Resistor
c. Sensor dan Speaker
d. Kabel, timah solder, solder
C. Bog Diagram Proyek
Gambar diagram blok antara komponen-komponen proyek termasuk rangkaian elektronika
kelistrikannya. Atau foto maket atau proyek
Gambar diagram blok antara komponen-komponen proyek termasuk rangkaian elektronika
kelistrikannya. Atau foto maket atau proyek
D. Cara Kerja Proyek Umum
Saat memainkan komedi
putar ini, nyalakan saklar yang terletak di bagian samping fondasi dasar
Christmas Go Round. Setelah dinyalakan, komedi putar akan menyalakan lampu dan
memutar permainan rusa – rusanya.
BAB IV
ANALISIS DATA PROYEK
A. Spesifikasi Maket
Spesifikasi maket Christmas Go Round dirancang dengan ukuran kecil:
Luas area : 30x40 cm
Diameter: 20x20 cm
Perbandingan Maket dan Real: 1:1000
Tinggi bangunan: 25 cm
Spesifikasi Bahan
Alas Triplek 30x40 cm tebal 0.5 cm
Bahan tiang diameter 1 cm
Lem tembak
Spesifikasi Alat Listrik
Mikontroller Type Atmega328
Lampu LED, 1/4 watt, 2 volt
Resistor Gip 1/2 watt nilai 220 Ohm
Kabel nja engkel ukuran kecil serabut (warna merah, hitam, biru, kuning dan hijau)
Timah ukuran 40x60
Tombol push on
Spesifikasi maket Christmas Go Round dirancang dengan ukuran kecil:
Luas area : 30x40 cm
Diameter: 20x20 cm
Perbandingan Maket dan Real: 1:1000
Tinggi bangunan: 25 cm
Spesifikasi Bahan
Alas Triplek 30x40 cm tebal 0.5 cm
Bahan tiang diameter 1 cm
Lem tembak
Spesifikasi Alat Listrik
Mikontroller Type Atmega328
Lampu LED, 1/4 watt, 2 volt
Resistor Gip 1/2 watt nilai 220 Ohm
Kabel nja engkel ukuran kecil serabut (warna merah, hitam, biru, kuning dan hijau)
Timah ukuran 40x60
Tombol push on
B. Kinerja Proyek
Kelebihan Proyek
Kelebihan Proyek
Christmas Go
Round ini memiliki tema yang beda dari Merry Go Round yang lainnya. Proyek ini
memiliki banyak aksesoris yang memperindah tampilan proyek dan lebih menarik
dari Merry Go Round lainnya.
Kelemahan Proyek
Kelemahan Proyek
Pengguna bisa merasa bosan karena fitur yang ada tidak banyak. Merry Go
Round hanya berputar-putar saja dengan satu lagu yang diulang-ulang juga,
begitu juga dengan Christmas Go Round.
C. Flowcart Program
C. Flowcart Program
D. Lampiran Program TurboC++ Versi Arduino
Tuliskan program C++ yang diupload ke memori chip Arduino dan penjelasaan program dibelakang tanda //
int length = 26;
char notes[] = "eeeeeeegcde
fffffeeeeddedg";
int beats[] = {
1, 1, 2, 1, 1, 2, 1, 1, 1, 1, 4, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 2, 2};
int tempo = 300;
void playTone(int
tone, int duration) {
for (long i = 0; i < duration * 1000L; i
+= tone * 2) {
digitalWrite(speakerPin, HIGH);
delayMicroseconds(tone);
digitalWrite(speakerPin, LOW);
delayMicroseconds(tone);
}
}
void
playNote(char note, int duration) {
char names[] = { 'c', 'd', 'e', 'f', 'g',
'a', 'b', 'C' };
int tones[] = { 1915, 1700, 1519, 1432, 1275,
1136, 1014, 956 };
// play the tone corresponding to the note
name
for (int i = 0; i < 8; i++) {
if (names[i] == note) {
playTone(tones[i], duration);
}
}
}
void setup() {
pinMode(speakerPin, OUTPUT);
}
void loop() {
for (int i = 0; i < length; i++) {
if (notes[i] == ' ') {
delay(beats[i] * tempo); // rest
} else {
playNote(notes[i], beats[i] * tempo);
}
// pause between notes
delay(tempo / 2);
}
}
boolean t = true;
int i = 12;
void setup()
{
pinMode(12,OUTPUT);
pinMode(11,OUTPUT);
pinMode(10,OUTPUT);
pinMode(9,OUTPUT);
pinMode(8,OUTPUT);
pinMode(7,OUTPUT);
pinMode(6,OUTPUT);
pinMode(5,OUTPUT);
pinMode(4,OUTPUT);
}
void loop()
{
digitalWrite(i,HIGH);
delay(50);
digitalWrite(i,LOW);
if(t == true)
{
i = i - 1;
}
else
{
i = i + 1;
}
if(i < 5)
{
i = 6;
t = false;
}
if(i > 12)
{
i = 11;
t = true;
}
}
BAB V
KESIMPULAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian
BAB I sampai BAB IV dapat diberikan kesimpulan bahwa Christmas Go Round bisa
menjadi permainan dan hiasan yang mengingatkan kita terhadap hari natal.
Christmas Go Round juga bisa menjadi hadiah natal yang tepat untuk anak – anak,
orang dewasa, bahkan lansia.
B. Kesan Saran
Kesan
Melalui kerja sama dengan sesama anggota kelompok dapat membangun rasa
persaudaraan dan pertemanan yang lebih akrab sehingga satu sama lain dapat
saling mengenal dan menumbuhkan toleransi akan keunikan serta kebinekaaan karakter
sesama.
Saran
Ke
depan sistem pujian praktik yang berkolaborasi ini dapat ditingkatkan tidak
hanya 3 mata pelajaran tetapi bisa berkolaborasi dengan mata pelajaran lain
seperti Bahasa Asing dan bahkan seni budaya. Sehingga efisiensi waktu dan
tenaga siswa dan guru lebih efektif. Penggunaan properti lebih dikembangkan
sehingga proyek sejenis lebih berdaya guna tepat sararan.
DAFTAR PUSTAKA
Andy,Dkk, 2015. Sistem pemrogram Pascal, C++ dan Asembly. Pt. Erlangga
Surabaya, Halalaman
12 sd 25. Jakarta
Nuh.M. 2000. Komponen Elektronika Aktif Pasif untuk Rangkaian Elektronika Sederhana, PT
Gramedia, Halaman 5 sd 12. Surabaya.
Samudra, 2016. Mikrokontroller Atmega823, Materi TIK Kelas 12 SMA Santa
Maria Surabaya,
MGMP Kota Surabaya
____________,2017. Teknik Pembuatan Maket Rumah Karton. https://maket.blogspot.com.
Google.com, di akses Rabu,18 juli 2017. 12.50.50
Bagus, nilai 85! Blog kerangka berpikir dan flowcart tdk ada!
BalasHapusBagus, nilai 85! Blog kerangka berpikir dan flowcart tdk ada!
BalasHapus